Baleg DPR Sudah Putuskan Judul UU Palang Merah

Baleg DPR Sudah Putuskan Judul UU Palang Merah
JAKARTA, SON- Setelah proses yang cukup alot, akhirnya rapat Badan Legislasi (Baleg) mencapai kesepakatan dalam menentukan judul Undang Undang (UU) organisasi Palang Merah Indonesia (PMI).
 
Menurut Ketua Panja RUU Kepalangmerahan, Anna Mu'awanah, bahwa judul UU ini disepakati UU Kepalangmerahan.
 
"Judulnya kepalang merahan. Dan harusnya lambangnya bisa sesuai palang merah," ujar Ana saat ditemui wartawan usai rapat di ruang Baleg gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/10/2012).
 
Sebelumnya, saat rapat berlangsung mayoritas fraksi memilih UU Kepalangmerahan dibandingkan UU Kemanusian. Tetapi, ada dua fraksi yang mengajukan opsi, yaitu fraksi PAN dan PKS.
 
Fraksi PAN mengusulkan adanya catatan,  agar donor darah tidak dimonopoli palang merah,  lalu palang merah harus independen, mandiri, diaudit performance dan keuangannya, tidak boleh terlibat unsur politik termasuk unsur publik.
 
Sedangkan, PKS meminta equal (sejajar) antara bulan sabit merah Indonesia (BSMI) dengan Palang Merah Indonesia (PMI).
 
Menanggapi hal tersebut, Ana menyatakan, sesuai dengan konvensi Genewa, Indonesia hanya bisa  memilih salah satu lambang. "Apakah itu palang merah, bulan sabit merah, atau kristal (kristal baru tahun 2005). Akhirnya tadi kalau dari seluruh fraksi mayoritas itu memberi mandat kepada PMI," ungkap Ana.
 
Tetapi, Ana mengaku dirinya tetap, menghargai pendapat PKS. "Kita hargai karena memang BSMI itu ada di indonesia," katanya.
 
Dan rencananya, rapat akan dilanjut besok hari dengan agenda pemaparan pandangan setiap fraksi.
 
"Besok pandangan fraksi menggambarkan proses politik dan kebijakan masing-masing Partai. Pandangan fraksinya ya kalo mayoritas PMI kita hargai palang merah. Kalau besok mayoritas milih yang lain ya kita hargai," jelas Ana.
 
Ketika ditanya berkaitan dengan target penyelesaian, Ana berharap, minggu depan UU ini dapat dibawa ke Paripurna. Dan akan bisa selesai pada masa sidang ini. (Bisma Rizal)
Selasa, 16 Oktober 2012 - 16:43
http://www.sorotnews.com/berita/view/baleg-dpr-sudah-putuskan.3680.html