Komnas HAM Protes Penggusuran PKL Pocin

Komnas HAM Protes Penggusuran PKL Pocin
JAKARTA, SON -  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menilai bahwa peristiwa penggusuran kios pedagang yang terjadi di stasiun Pondok Cina pada, Senin (14/1/2013) kemarin, adalah bentuk pengingkaran PT KAI terhadap kesepakatan yang telah dibangun bersama Komnas HAM.

Pasalnya, dalam pertemuan yang dilakukan antara Komnas HAM, PT KAI, Kementrian BUMN, Pemda DKI Jakarta, Pemda Jawa Barat dan perwakilan pedagang telah mendapati kesimpulan bahwa segala upaya penggusuran akan dihentikan hingga PT KAI memenuhi dua persyaratan yakni mengenai penyelesaian ganti rugi atas kontrak yang telah dibuat dan terkait upaya mencari lahan baru pengganti tempat usaha pedagang.

"Ini baru 4 hari dari kesepakatan ternyata PT KAI malah melanggarnya, kejadian ini menunjukan PT KAI tidak menghormati Komnas HAM selaku lembaga negara," ujar Koordinator Sub Komisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI, Decky Natalis Pigay, saat dihubungi SOROTnews.com, Selasa (15/1/2012).

Tidak hanya itu, sambung Natalis, peristiwa penggusuran stasiun Pondok Cina tersebut juga menunjukan arogansi dari PT KAI sebagai lembaga yang tidak memperdulikan adanya masukan dan dan permintaan dari berbagai pihak.

Hal ini kemudian, jelas semakin menguatkan potensi adanya pelanggaran hak ekonomi, sosial, serta budaya dari mayarakat yang diatur dalam UU No 11 tahun 2005 tentang ratifikasi Konvensi PBB Tentang Hak-hak EKOSOB,

"Menurut saya dengan munculnya reaksi keras masyarakat berupa pemblokiran jalur kereta, jelas PT KAI harus kembali membuka ruang dialog agar tidak melanggar ketentuan dari hak-hak Ekosob," jelas Natalis.

Kalaupun kemudian, lanjut Natalis, pihak PT KAI tetap bergeming dan menutup telinganya rapat-rapat. Maka tidak ada jalan lain selain membawa masalah ini ke level lebih tinggi yakni, meminta Presiden sebagai penanggung jawab tertinggi sekaligus pemegang amanah rakyat untuk turun tangan mengatasi masalah ini.

"Saya katakan, bahwa Komnas HAM meminta Kementrian BUMN dan Presiden SBY untuk melakukan evaluasi terhadap manajemen PT KAI yang telah bertindak diluar kepatutan dengan membongkar paksa kios pedagang tanpa memperdulikan rekomendasi Komnas HAM," tandas Natalis.

Seperti diketahui, pada Senin (14/1/2013) kemarin, secara tiba-tiba PT KAI melakukan aksi pembongkaran terhadap kios pedagang di stasiun Pondok Cina. Aksi pembongkaran itupun sempat mendapat perlawanan dari para pedagang yang didampingi sejumlah mahasiswa kampus Universitas Indonesia, hingga berujung pemblokiran jalur kereta Jakarta-Bogor. (Heru Budhiarto)
Selasa, 15 Januari 2013 - 10:10
http://www.sorotnews.com/berita/view/komnas-ham-protes-penggusuran.4816.html