Menteri BUMN Pastikan Tidak Berikan PNM ke PT Kertas Leces

Menteri BUMN Pastikan Tidak Berikan PNM ke PT Kertas Leces
JAKARTA, SON – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, menegaskan tidak akan memberikan suntikan dana ke PT Kertas Leces.
 
"Sejak dulu saya bilang bahwa Leces itu bisa diperbaiki tanpa negara harus menginjeksikan dana," ujar Dahlan di gedung DPR MPR RI, Selasa (25/9/2012).
 
Karena, menurut Dahlan, manajemen yang baik harus bisa memperbaiki permasalahan yang ada dalam perusahaan tersebut, tidak harus bergantung pada uang negara.
 
"Tidak harus untuk perusahaan yang jelek itu harus ada uang negara, karena yang lalu-lalu, pernah dikasih uang negara, ternyata juga gak bisa baik. Uang negara harus di hemat lah," tegas Dahlan.
 
Dahlan mengatakan sebelumnya sudah pernah memberikan suntikan dana kepada perusahaan tersebut, namun tidak ada perubahan yang diperlihatkan sama sekali.
 
"Ya waktu itu kan sudah dikasi tapi tetap saja mati kan? Sekarang sudah mulai akan dihidupkan dan sudah mulai hidup. Meskipun belum penuh. Kemudian karena bisa dicarikan pinjaman, nah nanti di tutupi dari pinjaman lah. Tidak semua harus negara," kata Dahlan.
 
Sekali lagi ia berpendapat PNM merupakan uang rakyat, yang sudah seharusnya penggunaannya di hemat, tidak selalu harus diberikan kepada sebuah perusahaan, apalagi jika masih bisa dicarikan sumber lainnya.
 
Seperti diketahui, dalam rapat Menteri BUMN dengan Komisi VI DPR pada 27 Oktober 2011 lalu ada kesepakatan untuk memberikan PNM kepada 7 BUMN termasuk pabrik kertas yang berlokasi di Probolinggo, Jawa Timur ini. Namun, pada 7 Mei 2012 keluar surat Menteri Keuangan No: S-318/MK.06/2012 memutuskan PMN hanya diberikan kepada 6 BUMN dan menghapus Kertas Leces dari daftar penerima PMN. PT Kertas Leces adalah perusahaan yang mencatat rugi Rp 84,97 miliar pada tahun 2011.  (Eka Apriyanti)
 
 
 
 
Selasa, 25 September 2012 - 17:15
http://www.sorotnews.com/berita/view/menteri-bumn-pastikan-tidak.3112.html