Penyekapan Buruh Di Tangerang Mendapat Perhatian Khusus DPR

Penyekapan Buruh Di Tangerang Mendapat Perhatian Khusus DPR
JAKARTA, SON - Kasus penyekapan dan penyiksaan sejumlah buruh di Tangerang mendapat perhatian Komisi III DPR. Komisi Hukum tersebut  sangat prihatin dengan nasib buruh di pabrik Kuwali Tangerang.
 
"Perlakuan disana sudah tidak manusiawi. Memperkerjakan buruh dengan menyekap, mengintimidasi dan menyiksa adalah bagian dari bentuk perbudakan yang nyata. Ini adalah kado pahit peringatan May Day, sungguh kabar buruk untuk para buruh di Indonesia. Aparat kepolisian harus mengusut kasus ini hingga tuntas seluruh pihak yang terlibat harus diproses secara hukum," ujar Anggota Komisi III DPR, Aboebakar al-Habsyi dalam pesan eletronik yang diterima SOROTnews.com, Minggu malam (5/5/2013).
 
Aboebakar menambahkan, selain diproses hukum,  Kapolda juga harus pula menelusuri adanya informasi dugaan kegiatan ini dibekingi oleh oknum Brimob. Bila terjadi, hal ini tidak boleh dibiarkan karena akan meruntuhkan citra kepolisian.
 
Lebih lanjut, pria yang kerap dipanggil Habib ini menenggarai, kasus tersebut berindikasi kuat adanya pelanggaran HAM,  oleh sebab itu, Komnas HAM harus bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan investigasi.
 
"Tidak boleh ada perampasan hak asasi manusia untuk para pekerja pabrik, seluruh warga indonesia memiliki hak yang sama dalam mendapatkan perlindungan HAM apapun profesinya, semua tidak boleh ada diskriminasi," tegasnya.
 
"Sebagai otoritas yang mengurusi tenaga kerja Disnaker seharusnya rutin melakukan kunjungan atau inspeksi kelapangan, sehingga tahu kondisi riil pekerja. Disisi lain aparat Babinsa seharusnya juga bisa mencium kondisi ini, karena mereka ditugaskan untuk menjalankan fungsi intelkam ditengah masyarakat," pungkasnya(red/njp)
Senin, 06 Mei 2013 - 10:48
http://www.sorotnews.com/berita/view/penyekapan-buruh-di-tangerang.4973.html