Puluhan Guru Demo Kantor Kemenag Jember

Puluhan Guru Demo Kantor Kemenag Jember
JEMBER, SON - Puluhan orang dari Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKGPAI) menggelar unjuk rasa di depan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (19/7)

Mereka menuntut Kemenag Jember segera mencairkan uang tunjangan profesi pendidikan bagi 560 guru. Menurut pendemo, uang itu seharusnya sudah cair bulan Desember 2011 lalu. Namun hingga kini belum mereka terima. "Di beberapa kabupaten lain sudah cair, tapi kenapa Jember belum?," kata Misnari, Ketua KKGPAI dengan nada bertanya.

Misnari menambahkan, pihaknya risih menggelar demo saat menjelang Ramadan, namun karena tuntutan para guru mereka harus turun. Kemenag Jember berdalih soal pencairan uang itu belum ada payung hukum.
 
Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 164, guru pendidikan agama Islam yang lulus sertifikasi tahun 2010, berhak memperoleh tunjangan tahun 2011 setelah nomor register guru turun. “Tapi kenapa hingga nomor register turun, tunjangan itu belum juga dicairkan,” tambah Misnari.
 
Sebelumnya para guru ini sudah berkali-kali berkonsultasi di kantor Kementerian Agama di Jakarta. Dan hasilnya tidak ada masalah jika tunjangan tersebut dicairkan. “Kami merasa dizalimi. Bahkan ada dua orang guru anggota KKGPAI yang meninggal dunia sebelum menikmati hak mereka,” tambah Misnari.

Berlangsungnya demo para guru tidak sempat ditemui para petinggi Kantor Kemenag Jember. Begitu juga Raefi, sang Kepala Kantor sedang berada di Surabaya. Para guru kecewa dan berjanji akan kembali menggelar demo yang lebih besar.(Mahfudz Sunarjie/Haris Supriyanto)
Kamis, 19 Juli 2012 - 15:51
http://www.sorotnews.com/berita/view/puluhan-guru-demo-kantor.1344.html