Sekjen DPR Berkilah Bahwa Proyek di DPR Bagian Dari Pemeliharaan

Sekjen DPR Berkilah Bahwa Proyek di DPR Bagian Dari Pemeliharaan
JAKARTA, SON - Sekretaris Jenderal DPR, Nining Indra Saleh, membenarkan adanya proyek renovasi ruangan anggota DPR, pagar pembatas dan toilet yang ada di gedung DPR MPR.
 
"Betul sebagaimana disampaikan kita sudah mengumumkan di LPSE (layanan pengadaan secara elektronik) DPR. Memang pada akhir tahun ini ada kegiatan renovasi ruangan anggota, pagar pembatas dan toilet. Ini sudah dalam anggaran 2012," ujar Nining di gedung DPR MPR, Rabu (7/11/2012).
 
Nining beralasan proyek ini merupakan bagian dari pemeliharaan gedung yang merupakan aset negara. Anggarannya pun dikatakan Nining sudah dialokasikan sebelumnya. 
 
"Misalnya ada toilet yang rusak itu harus dipelihara, yang memang itu dalam anggaran negara dialokasikan. Kalau barang negara ada kerusakan memerlukan pemeliharaan itu harus dilakukan itu ada alokasi anggarannya. Tidak hanya di DPR RI, yang lain juga," jelas Nining.
 
Mengenai adanya anggapan bahwa untuk proyek perbaikan menghabiskan dana yang cukup tinggi, Nining mekanisme-nya ada di LPSE sendiri yang nanti-nya pun akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 
 
"Mekanisme gimana kemahalan itu ada mekanisme di LPSE. Nanti akan diaudit oleh BPK. Apa betul itu sesuai dengan HPS pemerintah, itu ada lembaga sendiri yang mengaudit," tegas Nining.
 
Perbaikan sendiri akan meliputi 127 toilet di lingkungan DPR dengan jumlah yang mengalami kerusakan parah 18 toilet. Sedangkan untuk ruangan anggota yang sifat-nya pemeliharaan ada 197 ruangan. Semua renovasi ini pun direncanakan akan selesai pada akhir tahun ini.
 
"Ini akhir tahun apakah sanggup ternyata katanya sanggup. Ada 127 toilet yang diperbaiki, yang agak total 18 jadi kita semua harus dipelihara. Kalau ruangan, ini sifatnya pemeliharaan. Ada 197 ruangan itu kita ganti wallpapernya, karpetnya, kita lihat kasus per kasus," tutup Nining.
 
Jumlah total anggaran untuk proyek perbaikan ini sendiri mencapai Rp8.696.788.000. Dengan detail pengalokasian sebagai berikut :
 
1) Pekerjaan Penggantian Pagar Batas dengan Taman Ria DPR RI dengan total Rp 1.023.211.000. Penandatanganan kontrak: 30 November 2012

2) Renovasi Toilet Gedung Nusantara I DPR RI dengan total Rp 1.406.291.000. Penandatanganan kontrak: 22 November 2012

3) Perbaikan Ruang Kerja Anggota Gedung Nusantara I DPR RI dengan total Rp6.267.286.000. Penandatanganan Kontrak:27 November 2012. (Eka Apriyanti)
Rabu, 07 November 2012 - 16:05
http://www.sorotnews.com/berita/view/sekjen-dpr-berkilah-bahwa.4165.html