Surat KPU jadi dasar hukum Pilgub Lampung

Surat KPU jadi dasar hukum Pilgub Lampung
LAMPUNG, SON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung akan menggunakan surat KPU Pusat sebagai dasar hukum untuk menggelar Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung. Padahal, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyarankannya setelah pengesahan RUU Pilkada.

"Bila sampai Oktober 2013 RUU Pilkada belum rampung, KPU Lampung menggunakan surat dari KPU RI sebagai dasar hukum untuk melaksanakan Pilkada," kata Ketua KPU Provinsi Lampung, Edwin Hanibal, di Bandar Lampung, Senin (25/6).

Perlu diketahui, jabatan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP berakhir pada 2 Juni 2014. Sedangkan tahun tersebut bertepatan dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Berdasarkan UU 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah tidak boleh digelar Pilkada ketika Pileg dan Pilpres berlangsung. 

Sebab itu, Kemendagri meminta KPU Lampung menunda pelaksanaanya hingga RUU Pilkada yang saat ini sedang dibahas pemerintah dan DPR disahkan.
 
"Kalau kami tidak melihat Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri. Kami melihat KPU RI. Kalau kata KPU laksanakan, ya laksanakan. Kami harus tunduk dengan ini (KPU)," tegas Edwin. 

Mantan Direktur LBH Bandar Lampung itu merasa khawatir disalahkan bila tidak menyusun tahapan Pilgub Lampung. Selain itu, ujarnya, tidak bisa dipastikan kapan pengesahan RUU Pilkada. "Jadi, selambat-lambatnyanya pada Oktober 2013 harus sudah ada Pilkada," tukas Edwin.
 
Reporter : Hendry Sihaloho
Redaktur : Bowo Santoso
Senin, 25 Juni 2012 - 22:46
http://www.sorotnews.com/berita/view/surat-kpu-jadi-dasar-hukum.552.html