Bentrok Model Sampang Terjadi Di Jember

Senin, 24 September 2012 - 01:38
Bentrok Model Sampang Terjadi Di Jember
Sumber gambar : Ilustrasi/Istimewa
JEMBER, SON - Bentrokan mirip kasus Sampang Madura kini terjadi di Kabupaten Jember.  Kali ini, Bentrokan terjadi  antara warga dengan pengikut Pondok Pesantren Robani di dusun Krajan Timur, kecamatan Sumbersari Jember, Jawa Timur, kembali terjadi, Minggu (23/9/2012).
 
Kisruh antara warga ini sudah berulangkali terjadi dipicu setelah adanya aktivitas bersih-bersih halaman ponpes oleh para santri. Warga sekitar langsung menyerang bentrokan tak terhindarkan, akibatnya dua orang dari kedua belah pihak mengalami luka-luka.
 
Jajaran Kepolisian Resort Jember langsung melakukan pengamanan lokasi, dan mengevakuasi para pengikut Rabbani ke Mapolres setempat. Menurut Junaidi, salah satu warga kepada SOROTnwes.com menuturkan mereka tidak mau ada aktivitas baru di Ponpes yang dituding sesat tersebut. “Warga disini tidak ingin Rabbani melakukan aktivitasnya kembali,” katanya.
 
Sementara itu Heri Yudi, pengasuh Robani menyayangkan peristiwa tersebut, pasalnya mereka hanya melakukan bersih-bersih sesuai keputusan MUI Jember, bahwa mereka berhak melakukan aktivitasnya kembali.
 
“Kami kan punya hak membersihkan rumah kami sendiri, dan tempat ibadah kami sendiri. Berasarkan keputusan MUI Jember yang Ponpes kami tidak sesat,” tegasnya saat di Mapolres Jember.
 
Heri menuding ada aktor intelektual dibalik peristiwa penyerangan ini, yang sengaja memperalat warga sekitar. Pihaknya mendesak kepolisian setempat mengusut tuntas dan menangkap aktor dibalik semua itu.
 
Menurut Kabag Ops Polres Jember, Kompol Imam Pauji, dihadapan para wartawan menyatakan, sejumlah anggotanya terus akan menjaga lokasi agar tidak lagi terjadi tindakan anarkis susulan. (Mahfudz Sunarjie)
Komentar
 
Berita Terkait

Fadli Zon Minta Aparat Usut Tuntas Kerusuhan Tanjung Balai

01 Agu 2016 - 11:16 · Menyusul kerusuhan bernuansa SARA di Tanjung Balai Sumatera Utara, Wakil Ketua DPR RI Dr.Fadli Zon...


Setara Institute: Kerusuhan Tanjungbalai Bentuk Intoleransi

31 Jul 2016 - 14:46 · Ismail Hasani, Direktur Riset Setara Institutemengatakan kerusuhan yang terjadi di Tanjungbalai...


Ketua MPR RI Menyesalkan Kerusuhan Tanjung Balai

31 Jul 2016 - 14:44 · Kerusuhan berujung pembakaran rumah ibadah yang terjadi Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut) pada...


Setara Institute: Kerusuhan Pilkada Kaltara Kegagalan Kendalikan Massa

21 Des 2015 - 16:25 · Ketua Setara Institute Hendardi menegaskan jika anarkisme yang terjadi di Kalimantan Utara...


Bambang: Bisa Terjadi Kerusuhan Jika Pemerintah Paksakan Golkar Agung

20 Mar 2015 - 15:43 · Pada Jumat ini Menkumham Yasona Laoly dikabarkan nekat akan mengesahkan Golkar Agung Laksono,...


RegionalLainnya »rss

An’im Mahrus: Partai Komunis Tetap Terlarang Di Indonesia

03 Jun 2016 - 15:03 · Anggota Komisi VIII DPR RI FPKB KH. An’im Falahudin Mahrus menegaskan jika masyarakat harus...


tshirthangout-banner_300x250
 
 
Jakowi-Basuki