Demi Sejarah Bangsa, Rumah Persembunyian Bung Karno Harus Diselamatkan

Rabu, 17 Juli 2013 - 05:28
Demi Sejarah Bangsa, Rumah Persembunyian Bung Karno Harus Diselamatkan
Sumber gambar : Istimewa
SOROTnews.com, YOGYAKARTA- Isu penjualan rumah yang menjadi bagian sejarah hidup Bung Karno pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Yogyakarta menjadi perhatian Media akhir-akhir ini. Patut disayangkan iklan penjualan rumah tersebut walaupun disisi lain pemasangan iklan tersebut seperti menjadi cubitan bagi sebagian besar elit dan masyarakat Indonesia.

"Iklan penjualan tersebut tiba-tiba menjadi pengingat kepada kita, betapa kita sangat mencintai Bung Karno. Banyak pihak yang menanggapi dengan nada yang hampir sama, yakni selamatkan rumah bersejarah tersebut," ujar Wakil Sekretaris Pengurus daerah Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) DIY, Eko Suwanto di Yogyakarta, Rabu pagi (17/7/2013).

Menurut, Eko yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini, rakyat Indonesia sebagai rakyat yang mencintai Bung Karno dan setia dengan ajaran-ajarannya sudah tentu sepakat dengan upaya penyelamatan rumah bersejarah tersebut.

Misalnya, dengan mendorong pemerintah berbicara dengan ahli waris rumah tersebut dan menjadikan rumah tersebut sebagai ruang belajar ajaran Bung Karno, Marhaenisme atau Gotong Royong termasuk sejarah hidup Bung Karno.
 
Kata Eko, rasa cinta pada Bung Karno, selain dengan 'nguri-uri' peninggalan atau 'petilasan' Bung Karno, Bangsa Indonesia harus juga memiliki kewajiban untuk belajar, menggali pengetahuan tentang ajaran-ajaran Bung Karno, Marhaenisme, termasuk Pancasil 1 Juni 1945 yang menjadi jiwa bangsa dalam berjuang memerdekakan Indonesia dari penjajahan kapitalisme dan neo kolonialisme-imperialisme yang hingga hari ini masih terjadi diberbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kepada Pemerintah Pusat, peristiwa pengiklanan rumah bersejarah tersebut menjadi tamparan agar kembali ingat jasa-jasa besar Bung Karno dengan melakukan penyelamatan rumah tersebut, menggali dan meluruskan sejarah kehidupan Bung Karno yang banyak dibelokkan pada masa rezim Soeharto, serta secara konsisten melaksanakan ajaran-ajaran Bung Karno dalam pengambilan kebijakan untuk memerdekakan hatinya bangsa Indonesia dari berbagai bentuk eksploitasi asing,"paparnya.
 
"Kami akan mendorong pemerintah propinsi DIY dan kota Yogyakarta untuk mencari jalan keluar yang terbaik dengan semangat 'nguri-uri' bersama keluarga pemilik rumah. Kami yakin, akan ada jalan keluar krn sama-sama mencintai Bung Karno dan rindu ajaran-ajaran Bung Karno,"pungkas Caleg DPRD DIY Dapil Kota Yogyakarta Nomor Urut 1 Dari PDI Perjuangan in (SON)
Komentar
 
Berita Terkait

Megawati: Seharusnya Peringatan KAA Tidak Hanya Seremonial

27 Mei 2015 - 06:12 · Megawati Soekarnoputri menyesali semangat Konferensi Asia Afrika yang dihasilkan pada 1955 tidak...


Budyatna UI: Tak Heran Kalau Hatta Radjasa Gabung Demokrat

18 Mei 2015 - 11:49 · Pengamat politik dari Universias Indonesia (UI), Muhammad Budyatna mengatakan isu tentang lompatnya...


DPR dan Gubernur Sumut Desak Pemerintah Tuntaskan Dana Erupsi Sinabung

05 Mei 2015 - 15:31 · Pemerintah didesak untuk segera menuntaskan penyaluran dana bagi korban bencana erupsi Gunung...


Fahri Hamzah Desak Pemerintah Tetapkan Erupsi Sinabung Jadi Bencana Nasional

04 Mei 2015 - 20:32 · Dewan Perwakilan Rakyat meminta agar pemerintah segera menetapkan status bencana nasional terhadap...


Hendrawan PDIP: Reshuffle Tinggal Tunggu Waktu

30 Apr 2015 - 17:00 · Ketua Bidang Perekonomian DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengakui jika ada menteri yang salah tempat...


 
 
Jakowi-Basuki