Demi Sejarah Bangsa, Rumah Persembunyian Bung Karno Harus Diselamatkan

Rabu, 17 Juli 2013 - 05:28
Demi Sejarah Bangsa, Rumah Persembunyian Bung Karno Harus Diselamatkan
Sumber gambar : Istimewa
SOROTnews.com, YOGYAKARTA- Isu penjualan rumah yang menjadi bagian sejarah hidup Bung Karno pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Yogyakarta menjadi perhatian Media akhir-akhir ini. Patut disayangkan iklan penjualan rumah tersebut walaupun disisi lain pemasangan iklan tersebut seperti menjadi cubitan bagi sebagian besar elit dan masyarakat Indonesia.

"Iklan penjualan tersebut tiba-tiba menjadi pengingat kepada kita, betapa kita sangat mencintai Bung Karno. Banyak pihak yang menanggapi dengan nada yang hampir sama, yakni selamatkan rumah bersejarah tersebut," ujar Wakil Sekretaris Pengurus daerah Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) DIY, Eko Suwanto di Yogyakarta, Rabu pagi (17/7/2013).

Menurut, Eko yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini, rakyat Indonesia sebagai rakyat yang mencintai Bung Karno dan setia dengan ajaran-ajarannya sudah tentu sepakat dengan upaya penyelamatan rumah bersejarah tersebut.

Misalnya, dengan mendorong pemerintah berbicara dengan ahli waris rumah tersebut dan menjadikan rumah tersebut sebagai ruang belajar ajaran Bung Karno, Marhaenisme atau Gotong Royong termasuk sejarah hidup Bung Karno.
 
Kata Eko, rasa cinta pada Bung Karno, selain dengan 'nguri-uri' peninggalan atau 'petilasan' Bung Karno, Bangsa Indonesia harus juga memiliki kewajiban untuk belajar, menggali pengetahuan tentang ajaran-ajaran Bung Karno, Marhaenisme, termasuk Pancasil 1 Juni 1945 yang menjadi jiwa bangsa dalam berjuang memerdekakan Indonesia dari penjajahan kapitalisme dan neo kolonialisme-imperialisme yang hingga hari ini masih terjadi diberbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kepada Pemerintah Pusat, peristiwa pengiklanan rumah bersejarah tersebut menjadi tamparan agar kembali ingat jasa-jasa besar Bung Karno dengan melakukan penyelamatan rumah tersebut, menggali dan meluruskan sejarah kehidupan Bung Karno yang banyak dibelokkan pada masa rezim Soeharto, serta secara konsisten melaksanakan ajaran-ajaran Bung Karno dalam pengambilan kebijakan untuk memerdekakan hatinya bangsa Indonesia dari berbagai bentuk eksploitasi asing,"paparnya.
 
"Kami akan mendorong pemerintah propinsi DIY dan kota Yogyakarta untuk mencari jalan keluar yang terbaik dengan semangat 'nguri-uri' bersama keluarga pemilik rumah. Kami yakin, akan ada jalan keluar krn sama-sama mencintai Bung Karno dan rindu ajaran-ajaran Bung Karno,"pungkas Caleg DPRD DIY Dapil Kota Yogyakarta Nomor Urut 1 Dari PDI Perjuangan in (SON)
Komentar
 
Berita Terkait

Jatuhkan Gus Dur, Pemuda Papua akan Laporkan Falah Amru ke DPP PDIP dan DPR RI

24 Okt 2014 - 17:54 · Menanggapi berita di Harian Jawa Pos yang terbit pada Kamis (23/10/2014) yang berjudul ‘Falah...


PDIP Tegaskan Semua Posisi Kementerian Sudah Terisi

23 Okt 2014 - 18:13 · Setelah beberapa nama calon menteri Presiden Jokowi-JK dicoret merah oleh Komisi Pemberantasan...


PDIP Minta Masyarakat Tak Spekulasi Soal Calon Menteri yang Dicoret Merah KPK

23 Okt 2014 - 14:13 · Menyusul penundaan pengumuman kabinet oleh Presiden Jokowi, akibat banyak nama-nama yang dikabarkan...


PDIP Sebut Prabowo-Jokowi Menjadi Contoh dalam Berdemokrasi

17 Okt 2014 - 13:29 · Ketua FPDIP MPR RI Ahmad Basarah mengapresiasi pertemuan Prabowo Subianto dan Joko Widodo....


Dalam Pemilihan Pimpinan Komisi-Komisi DPR, KMP Bisa Gabung KIH

14 Okt 2014 - 18:10 · Pimpinan dan fraksi-fraksi di DPR menyepakati tiga hal dalam rapat koordinasi pada Selasa...


RegionalLainnya »rss

Warga Lepas 10 Ribu Lampion Untuk Merayakan Ultah Kota Tenggarong

19 Okt 2014 - 22:18 · 10.000 lampion memenuhi langit Kota Tenggarong pada Sabtu malam (19/10/2014). Pesta lampion...


tshirthangout-banner_300x250