Iklan Klinik Alternatif Dinilai Langgar Etika Penyiaran

Rabu, 15 Agustus 2012 - 16:03
Iklan Klinik Alternatif Dinilai Langgar Etika Penyiaran
Sumber gambar : Komisi Penyiaran Indonesia / Istimewa
JAKARTA, SON– Maraknya  iklan klinik pengobatan alternatif di sejumlah stasiun televisi nasional dinilai meresahkan dan menyesatkan masyarakat.
 
Menurut Anggota Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Ninna Mutmainah, ada tujuh iklan klinik yang dinyatakan bermasalah, diantaranya, Klinik Tongfang, Cang Jiang, Tai San, Klinik Herbal dan salon aura spa Jeng Ana, Hong Kong medistra TCM, Tefaron dan P-King.
 
Ninna mengungkapkan, ada  tujuh iklan yang terbukti melanggar kode etik iklan. "Yaitu adanya adegan testimoni pasien, dan kedua adanya promosi penjualan," ujar Ninna saat jumpa pers di kantornya, Gajah Mada, Jakarta, Rabu (15/8/2012).
 
Pihak KPI pun sudah, melayangkan surat sejak akhir April. "Dimana, dalam Himbauan tersebut, ditunjukan ke semua stastiun televisi bersiaran nasional. Jika akan menayangkan iklan tersebut maka haruslah di edit," ungkap Ninna.
 
Kemudian, pada bulan Juli, dari 7 iklan tersebut, 4 diantaranya tidak siaran lagi. Diantaranya, Klinik Herbal, Salon aura spa Jeng Ana, Hong Kong Medistra TCM, Tefaron dan P-King.
 
"Dan ada tiga iklan yang masih tayang, yaitu Klinik Tongfang, Cang Jiang dan Tai San," kata Ninna.
 
Ninna mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah dua kali menegur stasiun televisi. "Hingga saat ini, ada yang positif menerima, dan juga stasiun televisi yang masih ingin bernegosiasi," pungkas Ninna.  (Bisma Rizal/Bowo Santoso)
Komentar
 
Berita Terkait

Belanja Iklan Prabowo Rp Rp 93.7 M dan Jokowi-JK Rp 92.9 M

07 Jul 2014 - 11:28 · Belanja iklan di televisi yang telah dikeluarkan oleh pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan...


Inilah Kronologis Terbongkarnya Jaringan Bisnis Birahi Foto Model Terkenal

29 Jun 2014 - 13:42 · nit III Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jatim, berhasil mengungkap jaringan esek-esek...


Foto Model Iklan Ternama Asal Jakarta Ditangkap Polda Jatim Karena Bisnis Seks

26 Jun 2014 - 23:54 · Kepolisian Daerah (Polda) Jatim, Kamis malam (26/6/2014) berhasil membongkar kasus trafficking...


Tak Masalah Ada Iklan Sudutkan Jokowi

27 Mar 2014 - 14:53 · Munculnya iklan anonim di televisi yang materinya menyudutkan capres PDIP Joko Widodo, yang sama...


KPI: Parpol Pemilik TV dan Gerindra Langgar Penayangan Iklan Kampanye

18 Mar 2014 - 14:24 · Pada kampanye hari pertama, yang digelar pada Minggu (16/3/2014), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)...


Jakowi-Basuki