JK : Kenaikan Kedelai Tidak Bakal Lama

Jumat, 27 Juli 2012 - 17:26
JK : Kenaikan Kedelai Tidak Bakal Lama
Sumber gambar : Ilustrasi/Istimewa
JAKARTA, SON –  Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa naiknya harga Kacang Kedelai di Indonesia saat ini, tidak akan berlangsung lama. Karena, ini hanya sekedar faktor musiman.
 
"Masalah kacang kedelai hanya sekedar musiman saja. Saya yakin tiga hingga lima bulan akan turun kembali sehingga kebutuhan kedelai dapat terpenuhi," kata Jusuf Kalla atau akrab disapa JK, usai tinjau kesiapan PMI Jakarta, Jumat (27/7/2012).
 
Menurut JK, meski import kacang kedelai kenaikan antara 3 hingga 5 persen ada pengaruh terhadap produk Tahu dan tempe, tapi pengaruh hanya sedikit.
 
"Masalah yang  sebenarnya, kacang kedelelai di kita tidak selalu sesuai dengan iklim kita. Karena itu tanam kedelai kita dengan hasil perhektar tidak tinggi. Di Amerika Serikat jika produk kedelai tingginya, keadaan harga relatif biasa dan harganya rendah," tutur JK.
 
JK menambahkan, kalau 1 hektar di Indonesia, hanya menghasil 1-2 ton, dengan harganya 4 ribu/kg dipetani, maka petani tidak untung.
 
"Petani lebih suka tanam padi jagung dan buah-buahan tapi kering di Amerika maka terjadi kenaikan,"ujar JK
 
Menurut JK,  sebenarnya jalan yang paling mudah adalah pemerintah harus mensubsidi. Tapi syaratnya ada dua pilihan, mensubsudi  bbm 40 juta ton, dibanding subsidi kedelai 2 juta ton.
 
"Subsidi kedelai lebih murah 2 ribu perkg.Sedangkan subsidi BBM 4 ribu. Paling Rp5 trliun itu aman,  Masalah pemerintah punya duit tidak. Kalau sembada, tidak juga tapi karena kondisi alam," tandas JK.
 
JK mengakui, untuk melakukan swasembada kacang kedelai memang tidak mudah. "Saya dulu sudah mencoba, tapi bagi petani masih juga tanam padi dan jagung. Keluhannya pemerintah harus subsidi tapi harus kurangi subsidi BBM," pungkas JK.   (Yudi Rahmat/Bowo Santoso)
Komentar
 
Berita Terkait

DPR Minta Pemerintah Jelaskan Alasan Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

21 Nov 2014 - 18:14 · DPR RI meminta Presiden Jokowi menjelaskan alasan utama kenaikan harga BBM bersubsidi. Presiden...


Menaikkan Harga BBM, LSI Catat Popularitas Jokowi Jatuh

21 Nov 2014 - 17:53 · Setelah menaikkan harga BBM, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA melakukan survei...


Yanes DPD RI: Rakyat Papua Masih Tolak Kenaikan Harga BBM

21 Nov 2014 - 15:59 · Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Propvinsi Papua, Yanes Murib menegaskan jika rakyat Papua...


PDIP akan Beri Sanksi Kader yang Tolak Kenaikan Harga BBM

19 Nov 2014 - 18:38 · DPP PDIP siap memberi sanksi kepada kader yang mbalelo tidak mendukung keputusan Presiden Joko...


Ibas Tolak SBY Disalahkan dalam Kenaikan Harga BBM

18 Nov 2014 - 17:51 · Fraksi Partai Demokrat di DPR tidak terima jika pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dianggap...


EkonomiLainnya »rss

Indonesia Masih Kekurangan Anggaran Infrastruktur Untuk Tahun 2015

24 Nov 2014 - 05:50 · Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Deddy S Priatna, mengatakan bahwa kekurangan anggaran...


 
 
Jakowi-Basuki