Kerusuhan Sampang, Tokoh Syiah: Kita Menginginkan Pemenrintah yang Tegas!

Rabu, 29 Agustus 2012 - 23:07
Kerusuhan Sampang, Tokoh Syiah: Kita Menginginkan Pemenrintah yang Tegas!
Sumber gambar : Jalaludin Rakhmat/Istimewa
JAKARTA, SON - Peristiwa penyerangan berdarah di Sampang, Madura, beberapa waktu lalu, semakin menjelaskan lemahnya negara dalam menjamin kebebasan beragama di Indonesia. Pasalnya negara terkesan melakukan pembiaran terhadap peristiwa-peristiwa kekerasan yang terus berulang kali terjadi.

Demikian disampaikan tokoh Agama Syi'ah, Jalaludin Rakhmat, dalam diskusi  “Napak Tilas Perjalanan Syiah Kang Jalal", di Jl Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu (29/8/2012).

"Maka dari itu kita menginginkan Pemerintah yang tegas, Pemerintah yang 'strong strike', dimana keputusan pusat juga dipatuhi oleh Pemerintah di Daerah" katanya.

Menurut pria yang biasa di sapa Kang Jalal ini, Indonesia memang negara yang aneh karena keputusan dilevel atas bisa tidak di indahkan bahkan kerap kali dengan mudah dibatalkan oleh pelaksana di level bawah. 

"Negara ini aneh, sulit menjalankan keputusan yang sudah dibuat. Sebut saja kasus Gereja di Yasmin, bagaimana kita melihat keputusan MA (Mahkamah Agung) saja bisa dibatalkan oleh keputusan RW (Rukun Warga)" paparnya.

Namun demikian, Kang Jalal tetap meyakini bahwa untuk menciptakan rasa aman dan kerukunan maka diperlukan upaya-upaya yang lebih keras dari berbagai pihak, baik kalangan ulama, pemerintah maupun masyarkat pada umumnya.

"Saya kira walau sering dilakukan dialog-dialog antar golongan harus terus djalankan, Saya pernah dipanggil Komnas HAM dan  Kemendagri (Kementrian Dalam Negeri) untuk berdialog, ada ulama Kementrian Agama disana. Tapi kita membangun dialog yang Akademis" tukasnya.(Heru Budhiarto/Ninding Julius Permana)
Komentar
 
Berita Terkait

Fadli Zon Minta Aparat Usut Tuntas Kerusuhan Tanjung Balai

01 Agu 2016 - 11:16 · Menyusul kerusuhan bernuansa SARA di Tanjung Balai Sumatera Utara, Wakil Ketua DPR RI Dr.Fadli Zon...


Setara Institute: Kerusuhan Tanjungbalai Bentuk Intoleransi

31 Jul 2016 - 14:46 · Ismail Hasani, Direktur Riset Setara Institutemengatakan kerusuhan yang terjadi di Tanjungbalai...


Ketua MPR RI Menyesalkan Kerusuhan Tanjung Balai

31 Jul 2016 - 14:44 · Kerusuhan berujung pembakaran rumah ibadah yang terjadi Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut) pada...


Setara Institute: Kerusuhan Pilkada Kaltara Kegagalan Kendalikan Massa

21 Des 2015 - 16:25 · Ketua Setara Institute Hendardi menegaskan jika anarkisme yang terjadi di Kalimantan Utara...


Bambang: Bisa Terjadi Kerusuhan Jika Pemerintah Paksakan Golkar Agung

20 Mar 2015 - 15:43 · Pada Jumat ini Menkumham Yasona Laoly dikabarkan nekat akan mengesahkan Golkar Agung Laksono,...


 
Jakowi-Basuki
 
tshirthangout-banner_300x250