Pelabuhan Merak Siap Sambut Pemudik

Jumat, 10 Agustus 2012 - 14:56
Pelabuhan Merak Siap Sambut Pemudik
Sumber gambar : Pelabuhan Merak/Istimewa
JAKARTA, SON - Menjelang hari raya lebaran pihak Angkutan Sungai Darat Pelabuhan Indonesia Ferry (Persero) (ASDP), mulai mempersiapkan kesiapan infrastruktur mereka terutama di pelabuhan Merak, Banten.

Menurut Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Dadang S. Baskoro, Merak yang merupakan pelabuhan terpadat di Indonesia, mulai berbenah diri agar pemudik yang akan menggunakan jasa layanan pelabuhan ini merasa nyaman. Tidak hanya ketika di pelabuhan tapi juga selama di perjalanan, dan sampai di pelabuhan tujuannya.

"Pelabuhan ini menjadi titik sentral pelaksanaan angkutan lebaran, apalagi kepadatan yang terjadi selama berhari-hari disetiap lebaran telah mengundang perhatian banyak pihak," ujarnya kepada wartawan siang ini, Jumat (10/8/2010).

Berkaca dari arus mudik di tahun 2011 lalu, untuk tahun ini akan ada beberapa penambahan fasilitas. Baik transportasinya sendiri maupun fasilitas umum. 

"Untuk kapal, total-nya 34 kapal. Dan yang disipkan dari ASDP ada 4, yaitu Jatra 1, Jatra 2, Jatra 3, dan Rodhita. Dari Dinas Perhubungan juga ada 41 kapal, 36 reguler dan 5 cadangan. Dari sini diharapkan dalam satu hari bisa melakukan 140 trip perharinya," terangnya.

Untuk puncak arus mudik sendiri diperkirakan akan terjadi pada H-3 atau H-2 lebaran, sekitar pukul 21.00 wib - 05.00 wib. Untuk truk H-4 dilarang menyeberang, kecuali untuk sembako dan BBM. 

"Oleh karena itu kami sarankan bagi pemudik hindari perjalanan malam hari. Dan khusus pengguna motor, sebisa mungkin jangan membawa anak kecil karena sangat mengancam keselematan," ungkapnya.

Tapi secara keseluruhan Dadang mengatakan Pelabuhan Merak siap untuk melayani pemudik dengan dibantu lembaga yang berhubungan dengan transportasi lainnya seperti Dinas Perhubungan, Dirlantas, dan juga BMKG. (Eka Apriyanti/Ninding Julius Permana)
Komentar
 
Berita Terkait

Sutiyoso Belum Percaya PKPI Tak Lolos ke DPR

15 Apr 2014 - 12:27 · Meski hasil hitung cepat, quick count, PKPI diprediksi tak lolos ke senayan pada Pileg 2014 ini,...


KPK Siap Memberikan Kuliah Anti Korupsi untuk Anggota DPR Baru

12 Apr 2014 - 11:24 · Pentingnya agar Negara ini bersih dari korupsi, maka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap...


DPR: Memalukan Pemerintah Tidak Bisa Selamatkan Satinah

27 Mar 2014 - 14:58 · Anggota Komisi IX DPR RI yang membidangi ketenagakerjaan, Indra, mendesak agar pemerintah...


DPR RI Menjadi Tuan Rumah Penandantanganan AIPA - Jerman

26 Mar 2014 - 12:30 · DPR RI menjadi tuan rumah penandatangan kerjasama antara AIPA (Asian Interparliamentary Assembly)...


Terancam PHK, Pekerja PT. Newmont NTT Mengadu Ke DPR RI

26 Mar 2014 - 12:27 · Srikat pekerja PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang beroperasi di Sumbawa, NTB, menemui Ketua DPR...


NasionalLainnya »rss

PDIP Sebut Abraham Samad dan Riyamizard sebagai Cawapres Jokowi

17 Apr 2014 - 13:59 · Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad dan purnawirawan TNI Riyamizard kembali...


Jakowi-Basuki
 
tshirthangout-banner_300x250