Pelabuhan Merak Siap Sambut Pemudik

Jumat, 10 Agustus 2012 - 14:56
Pelabuhan Merak Siap Sambut Pemudik
Sumber gambar : Pelabuhan Merak/Istimewa
JAKARTA, SON - Menjelang hari raya lebaran pihak Angkutan Sungai Darat Pelabuhan Indonesia Ferry (Persero) (ASDP), mulai mempersiapkan kesiapan infrastruktur mereka terutama di pelabuhan Merak, Banten.

Menurut Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Dadang S. Baskoro, Merak yang merupakan pelabuhan terpadat di Indonesia, mulai berbenah diri agar pemudik yang akan menggunakan jasa layanan pelabuhan ini merasa nyaman. Tidak hanya ketika di pelabuhan tapi juga selama di perjalanan, dan sampai di pelabuhan tujuannya.

"Pelabuhan ini menjadi titik sentral pelaksanaan angkutan lebaran, apalagi kepadatan yang terjadi selama berhari-hari disetiap lebaran telah mengundang perhatian banyak pihak," ujarnya kepada wartawan siang ini, Jumat (10/8/2010).

Berkaca dari arus mudik di tahun 2011 lalu, untuk tahun ini akan ada beberapa penambahan fasilitas. Baik transportasinya sendiri maupun fasilitas umum. 

"Untuk kapal, total-nya 34 kapal. Dan yang disipkan dari ASDP ada 4, yaitu Jatra 1, Jatra 2, Jatra 3, dan Rodhita. Dari Dinas Perhubungan juga ada 41 kapal, 36 reguler dan 5 cadangan. Dari sini diharapkan dalam satu hari bisa melakukan 140 trip perharinya," terangnya.

Untuk puncak arus mudik sendiri diperkirakan akan terjadi pada H-3 atau H-2 lebaran, sekitar pukul 21.00 wib - 05.00 wib. Untuk truk H-4 dilarang menyeberang, kecuali untuk sembako dan BBM. 

"Oleh karena itu kami sarankan bagi pemudik hindari perjalanan malam hari. Dan khusus pengguna motor, sebisa mungkin jangan membawa anak kecil karena sangat mengancam keselematan," ungkapnya.

Tapi secara keseluruhan Dadang mengatakan Pelabuhan Merak siap untuk melayani pemudik dengan dibantu lembaga yang berhubungan dengan transportasi lainnya seperti Dinas Perhubungan, Dirlantas, dan juga BMKG. (Eka Apriyanti/Ninding Julius Permana)
Komentar
 
Berita Terkait

DPR Desak Pemerintah Selamatkan Pengungsi Rohingnya

18 Mei 2015 - 11:52 · Ketua Komisi I DPR RI Mahfudh Shiddiq menegaskan meski Indonesia belum menandatangani konvensi PBB...


DPR RI: Revisi UU Pilkada Terkait Legitimasi Hasil Pilkada

15 Mei 2015 - 17:17 · Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menegaskan jika revisi UU Pilkada yang diusulkan oleh Komisi II DPR...


Senin, DPR dan Presiden Bahas Revisi UU Pilkada

15 Mei 2015 - 11:42 · Khawatir akan menimbulkan kekecauan atau kegaduhan politik dalam pelaksanaan Pilkada Pemilihan...


Usman Jafar Anggota FPPP DPR RI Meninggal Dunia

15 Mei 2015 - 11:22 · Anggota Komisi VI DPR RI dari FPPP Usman Jafar akhirnya meninggal dunia akibat sakit jantung yang...


DPR RI: Konsultasi Pilkada dengan Presiden Jokowi Segera Dilakukan

13 Mei 2015 - 19:15 · Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengusulkan ada rapat konsultasi dengan Presiden dan lembaga...


Jakowi-Basuki