Photo Syur Novi Amelia Beredar, Polri Gagal Lindungi HAM

Selasa, 16 Oktober 2012 - 14:59
Photo Syur Novi Amelia Beredar, Polri Gagal Lindungi HAM
Sumber gambar : Novi Amelia / Istimewa
JAKARTA, SON– Anggota Komisi III DPR RI, Eva K Sundari, mengaku geram atas beredarnya photo tidak senonoh tahanan kepolisian, yaitu, Novie Amelia, yang merupakan pelaku tabrak lari. Yang membuat politisi PDIP ini geram, photo tersebut diambil saat model majalah dewasa ini menjadi tahanan kepolisian.   
 
"Saya menyesalkan beredarnya foto-foto, tidak senonoh Novi Amelia yang diambil selama dia dalam tahanan kepolisian (RS Polri). Beredarnya foto-foto tersebut mengindikasikan bahwa pengawasan terhadap Novi amat lemah," ujar Eva seperti dikutip dari pers rilisnya yang diterima wartawan, Selasa (16/10/2012).
 
Lebih lanjut, Eva menambahkan, sebagai lembaga utama penjaga HAM (Hak Asasi Manusia) rakyat, maka amat aneh kalau dalam pengamanan tahanan perempuan di lingkungan Polri, justru mengalami pelecehan seksual. "Ini menujukan, polisi tidak mengintegrasikan perspektif HAM perempuan dalam menjalankan tupoksinya. Sepatutnya Polri paham bahwa sebagai manusia, perempuan berhak dilindungi dari pelecehan dan dijaga martabatnya," tambah Eva.
 
Yang lebih menyayat hati, menurut Eva, saat ditahan Novi Amalia belum sepenuhnya sadar dari pengaruh obat-obatan, sehingga yang bersangkutan berhak mendapatkan  perlindungan berlapis termasuk dijaga kehormatannya. Dan merupakan ironi, jika yang bersangkutan justru jadi obyek tontonan dan pelecehan seksual.
 
Karena itu, Eva menuntut  Polri melakukan penyidikan atas pelaku pengambil gambar tersebut. Karena sudah termasuk cyber-crime.
 
Selain itu, Eva juga meminta Unit narkoba bersama Polsek Tamansari mengatur agar Novi diawasi oleh para polwan. "Agar memastikan tidak ada pelecehan selama Novi jadi tahanan POLRI. Lebih dari itu, kasus pelecehan terhadap Novi," ungkap Eva.
 
Seperti diketahui, Novi Amelia adalah model majalah dewasa, yang  pada hari Kamis (11/10/2012) sore lalu menabrak 7 orang di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat. Dengan mengendarai Honda Jazz.
 
Dan saat diamankan petugas ke Mapolsek. Saat itu, Novi yang diduga dalam pengaruh narkoba dan mengalami gangguan kejiwaan, hanya mengenakan bra dan celana pendek putih. (Bisma Rizal)
Komentar
 
Berita Terkait

Paska Ditabrak Tongkang, Jembatan Kapuas I Pontianak Kembali Ditutup

05 Jun 2014 - 21:09 · Jembatan Kapuas 1 Pontianak yang menghubungkan Kota Pontianak ke beberapa kota di Kalimantan...


Lukman Hakim: Pilih Capres Jangan Berdasarkan Popularitas dan Elektabilitas

05 Des 2013 - 16:59 · Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) m. Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan...


Penyadapan, DPR Minta Pemerintah Klarifikasi AS dan Australia dengan Tegas

18 Nov 2013 - 12:39 · Tampaknya masalah penyadapan Australia dan Amerika Serikat belum tuntas dengan pemerintah...


Penyadapan, MPR Desak Menlu RI Klarifikasi Dubes AS

31 Okt 2013 - 12:00 · Ternyata penyadapan yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) bukan saja pejabat negara Perancis,...


Hasil Survei PWS Popularitas Jokowi Tetap Teratas

29 Okt 2013 - 12:37 · Meski Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso ketika dialog ‘Kepemimpinan nasional dan peran...


 
tshirthangout-banner_300x250
 
Jakowi-Basuki