Photo Syur Novi Amelia Beredar, Polri Gagal Lindungi HAM

Selasa, 16 Oktober 2012 - 14:59
Photo Syur Novi Amelia Beredar, Polri Gagal Lindungi HAM
Sumber gambar : Novi Amelia / Istimewa
JAKARTA, SON– Anggota Komisi III DPR RI, Eva K Sundari, mengaku geram atas beredarnya photo tidak senonoh tahanan kepolisian, yaitu, Novie Amelia, yang merupakan pelaku tabrak lari. Yang membuat politisi PDIP ini geram, photo tersebut diambil saat model majalah dewasa ini menjadi tahanan kepolisian.   
 
"Saya menyesalkan beredarnya foto-foto, tidak senonoh Novi Amelia yang diambil selama dia dalam tahanan kepolisian (RS Polri). Beredarnya foto-foto tersebut mengindikasikan bahwa pengawasan terhadap Novi amat lemah," ujar Eva seperti dikutip dari pers rilisnya yang diterima wartawan, Selasa (16/10/2012).
 
Lebih lanjut, Eva menambahkan, sebagai lembaga utama penjaga HAM (Hak Asasi Manusia) rakyat, maka amat aneh kalau dalam pengamanan tahanan perempuan di lingkungan Polri, justru mengalami pelecehan seksual. "Ini menujukan, polisi tidak mengintegrasikan perspektif HAM perempuan dalam menjalankan tupoksinya. Sepatutnya Polri paham bahwa sebagai manusia, perempuan berhak dilindungi dari pelecehan dan dijaga martabatnya," tambah Eva.
 
Yang lebih menyayat hati, menurut Eva, saat ditahan Novi Amalia belum sepenuhnya sadar dari pengaruh obat-obatan, sehingga yang bersangkutan berhak mendapatkan  perlindungan berlapis termasuk dijaga kehormatannya. Dan merupakan ironi, jika yang bersangkutan justru jadi obyek tontonan dan pelecehan seksual.
 
Karena itu, Eva menuntut  Polri melakukan penyidikan atas pelaku pengambil gambar tersebut. Karena sudah termasuk cyber-crime.
 
Selain itu, Eva juga meminta Unit narkoba bersama Polsek Tamansari mengatur agar Novi diawasi oleh para polwan. "Agar memastikan tidak ada pelecehan selama Novi jadi tahanan POLRI. Lebih dari itu, kasus pelecehan terhadap Novi," ungkap Eva.
 
Seperti diketahui, Novi Amelia adalah model majalah dewasa, yang  pada hari Kamis (11/10/2012) sore lalu menabrak 7 orang di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat. Dengan mengendarai Honda Jazz.
 
Dan saat diamankan petugas ke Mapolsek. Saat itu, Novi yang diduga dalam pengaruh narkoba dan mengalami gangguan kejiwaan, hanya mengenakan bra dan celana pendek putih. (Bisma Rizal)
Komentar
 
Berita Terkait

DPR Minta Kemenag RI Klarifikasi Keuangan Haji Rp 1 Triliun

18 Apr 2016 - 16:17 · Panja BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji) Komisi VIII DPR RI kini sedang bekerja keras dan...


Fahri Hamzah Klarifikasi Pemanggilan BPDO PKS

13 Jan 2016 - 17:45 · Alhamdulilah, akhirnya saya bertemu dengan BPDO DPP PKS pada hari senin 11 Januari 2016, pukul...


Zulkifli Hasan: Setya Novanto Bisa Klarifikasi Di Sidang MKD

02 Des 2015 - 13:09 · Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan jika dalam persidangan kasus Freeport di Mahkamah Kehormatan...


MKD akan Klarifikasi Ke Junimart Soal Suap Rp 27 M

26 Nov 2015 - 17:13 · Anggota MKD DPR dari Fraksi Gerindra Supratman Andi Agtas menegaskan jika MKD DPR akan klarifiakasi...


Arzetti Bilbina Dimintai Klarifikasi MKD DPR RI

24 Nov 2015 - 16:22 · Lama tak terdengar setelah kasus dugaan pertemuannya dengan Dandim Sidoarjo, Letkol Kav Rizeki...


tshirthangout-banner_300x250