Sekjen DPP Partai Nasdem : Putusan MK Sudah Tepat

Rabu, 31 Juli 2013 - 23:20
Sekjen DPP Partai Nasdem : Putusan MK Sudah Tepat
Sumber gambar : Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem, Rio Capella/net
SOROTnews.com, JAKARTA – Partai Nasdem mengapresiasi putusan Mahkamah Konstitusi terkait Calon Legislatif yang pindah partai. Dalam Putusan MK No. 39/PUU-XI/2013 tanggal 31 Juli, Mahkamah Konstitusi memutuskan Caleg yang pindah parpol karena tidak lolos Pemilu tidak harus berhenti sebagai anggota DPRD.
 
“Putusan MK ini sudah tepat dan kita apresiasi keputusan itu  dan memang harusnya seperti itu,” ujar Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem Patrice Rio Capella kepada SOROTnews.com,Rabu malam (31/7/2013).
 
Sebab, lanjut Rio Capella kesalahan bukan pada Calon legislatif-nya  tapi memang partainya tidak ikut Pemilu. Dengan demikian keputusan itu tidak menghilangkan hak orang untuk mencalon dari partai lain.

Rio menambahkan dengan keputusan ini, Calegnya yang berjumlah sekitar 300 orang yang mayoritas paling banyak ditingkat dua (DPRD II-red) akan bernafas lega.
 
Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi dalam putusannya, Rabu siang tadi,  menolak permohonan uji materi terhadap 23 anggota DPRD kabupaten/kota dan provinsi asal NTT terhadap pasal yang mengatur tentang pemberhentian anggota DPR karena berpindah partai politik dalam UU Penyelenggara Pemilu.

Pasal yang diuji MK yakni pasal 16 ayat (1) huruf c Undang-Undang No.2 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Undang-Undang No.2 Tahun 2008 tentang Partai Politik dan pasal 8 ayat (1) huruf c Undang-Undang No.15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.
 
Dalam Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No 39/PUU-XI/2013 siang tadi, dalam amar putusannya menyatakan sebagaian gugatan pemohon diterima sebagaian ditolak. Permohonan yang dikabulkan yakni tercantum dalam poin 1.1 bagian "b" menyatakaan panggota DPR datau DPRD tidak diberhentikan atau tidak ditarik oleh partai politik yangmencalokankannya.

Selanjutnya bagian "C" menyatakan tidak lagi terdapat calon pengganti yang terdaftar dalam daftar calon tetap dari partai yang mencalonkannya.(SON)
Komentar
 
Berita Terkait

Jelang Kongres, Demokrat Waspadai Oknum Pemecah-Belah Partai

20 Mar 2015 - 14:30 · Menyadari di era pemerintahan Jokowi-JK ini terdapat dua partai yang diobok-obok dan sudah...


Yusril Ihza: Mahkamah Partai Golkar Tak Putuskan Apa-Apa

04 Mar 2015 - 11:38 · Pakar hukum tata negara yang juga kuasa hukum Ketua Umum DPP Golkar Aburizal Bakrie (ARB) Yusril...


Soekarwo: SBY Ogah Pilih Ibas Jadi Sekjen Partai Demokrat!

22 Feb 2015 - 12:21 · Selain itu, Jawa Timur mendukung SBY menjadi Ketum Partai DPP kembali dengan syarat sekjennya bukan...


Syukur Nababan: PDIP Dukung Jokowi Hanya Tidak Mau Jadi Partai Setempel

20 Feb 2015 - 18:27 · Politisi PDIP Syukur Nababan mengakui jika masalah Kapolri itu ada proses politik, hukum dan...


Setya Novanto: RUU KUHAP Diharapkan Masuk Prioritas 2016

18 Feb 2015 - 15:34 · Ketua DPR RI Setya Novanto menegaskan DPR RI telah menyetujui 160 RUU masuk dalam program legislasi...


Jakowi-Basuki