Sekjen DPP Partai Nasdem : Putusan MK Sudah Tepat

Rabu, 31 Juli 2013 - 23:20
Sekjen DPP Partai Nasdem : Putusan MK Sudah Tepat
Sumber gambar : Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem, Rio Capella/net
SOROTnews.com, JAKARTA – Partai Nasdem mengapresiasi putusan Mahkamah Konstitusi terkait Calon Legislatif yang pindah partai. Dalam Putusan MK No. 39/PUU-XI/2013 tanggal 31 Juli, Mahkamah Konstitusi memutuskan Caleg yang pindah parpol karena tidak lolos Pemilu tidak harus berhenti sebagai anggota DPRD.
 
“Putusan MK ini sudah tepat dan kita apresiasi keputusan itu  dan memang harusnya seperti itu,” ujar Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem Patrice Rio Capella kepada SOROTnews.com,Rabu malam (31/7/2013).
 
Sebab, lanjut Rio Capella kesalahan bukan pada Calon legislatif-nya  tapi memang partainya tidak ikut Pemilu. Dengan demikian keputusan itu tidak menghilangkan hak orang untuk mencalon dari partai lain.

Rio menambahkan dengan keputusan ini, Calegnya yang berjumlah sekitar 300 orang yang mayoritas paling banyak ditingkat dua (DPRD II-red) akan bernafas lega.
 
Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi dalam putusannya, Rabu siang tadi,  menolak permohonan uji materi terhadap 23 anggota DPRD kabupaten/kota dan provinsi asal NTT terhadap pasal yang mengatur tentang pemberhentian anggota DPR karena berpindah partai politik dalam UU Penyelenggara Pemilu.

Pasal yang diuji MK yakni pasal 16 ayat (1) huruf c Undang-Undang No.2 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Undang-Undang No.2 Tahun 2008 tentang Partai Politik dan pasal 8 ayat (1) huruf c Undang-Undang No.15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.
 
Dalam Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No 39/PUU-XI/2013 siang tadi, dalam amar putusannya menyatakan sebagaian gugatan pemohon diterima sebagaian ditolak. Permohonan yang dikabulkan yakni tercantum dalam poin 1.1 bagian "b" menyatakaan panggota DPR datau DPRD tidak diberhentikan atau tidak ditarik oleh partai politik yangmencalokankannya.

Selanjutnya bagian "C" menyatakan tidak lagi terdapat calon pengganti yang terdaftar dalam daftar calon tetap dari partai yang mencalonkannya.(SON)
Komentar
 
Berita Terkait

Pasal Penghinaan Bukan Jadi Prioritas

04 Agu 2015 - 20:22 · Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon menilai, pemerintah tak...


Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah Disebut-Sebut Sebagai Calon Presiden PKS Untuk Gantikan Anis Mata

30 Jul 2015 - 15:49 · Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah disebut-sebut sebagai calon Presiden Partai Keadilan Sejahtera...


Penganut Radikalisme Merupakan Generasi Yang Mundur

30 Jul 2015 - 15:09 · Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) Akbar Faisal mengatakan bahwa para...


Zulkifli Hasan Prediksi Ada 3 Koalisi Partai Besar Di Pemilu 2019

28 Jul 2015 - 15:25 · Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memprediksi dari pola koalisi partai dalam Pilkada serentak kali sudah...


Calon Partai Berkonflik Rawan Gugatan Sengketa Pilkada

28 Jul 2015 - 14:10 · Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa menilai, pasca dikeluarkannya...


tshirthangout-banner_300x250